Perubahan
konsep perpustakaan konvensional menjadi perpustakaan berbasis teknologi
informasi dapat merubah citra perpustakaan, semula perpustakaan hanya dianggap
sebagai gudang buku, akan tetapi setelah hadirnya teknologi informasi maka
perpustakakaan dianggap sebagai pusat informasi yang dibutuhkan oleh
penggunanya.
Teknologi
informasi menjadi pilar utama di perpustakaan. Akses informasi perpustakaan
dapat dilakukan melalui jaringan internet, sehingga pengguna tidak harus
datang langsung ke gedung perpustakaan.
Kaitannya
dengan CRM, CRM adalah strategi yang digunakan untuk mempelajari tentang
kebutuhan dan perilaku customer. Penerapan CRM di perpustakaan dapat membantu sumber daya manusia secara optimal. Yang perlu
diingat seseorang yang duduk dalam resepsionis harus mempunyai komunikasi yang
baik, pengetahuan tentang sumber dan layanan perpustakaan.
Sunarti
(Perpustakaan UMY)
0 Komentar