- Bentuk lingkaran/bulat menggambarkan kebulatan tekad dan kebersamaan visi
berkemajuan pengelolaan dan layanan informasi yang berkualitas dalam
rangka berperan serta aktif mencerdaskan kehidupan bangsa berdasarkan
nilai-nilai Al Islam dan
Kemuhammadiyahan. Q.S. Al Imran : 103, yang artinya:”Dan berpegang
teguhlah kamu semuanya pada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu
bercerai berai, dan ingatlah nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu
(masa jahiliyah) bermusuhan, lalu mempersatukan hatimu, sehingga dengan
karuniaNya kamu menjadi bersaudara, sedangkan (ketika itu) kamu berada di
tepi jurang neraka.Demikianlah, Allah menerangkan ayat-ayatNya kepadamu
agar kamu mendapat petunjuk”.
- Sinar matahari. Menyiratkan bahwa Muhammadiyah dan komponen-komponennya
(termasuk FPPTMA) memberikan
pencerahan kepada semua orang di bumi tanpa membedakan agama, suku, ras,
golongan, dan paham. Perpustakaan PTMA memberikan pencerahan melalui
sumber ilmu dan informasi yang dikelola kepada siapapun.
- 12 (dua belas) sinar matahari
hijau menginspirasi dan tauladan 12 (dua belas) orang sahabat Nabi Isa yang disebut
orang Hawari yang terus berjuang menegakkan agama yang diridhai Allah
meskipun mendapatkan tekanan, teror, maupun permusuhan dari berbagai
pihak. Q.S. As Shaf: 14 yang artinya:”Wahai orang-orang yang beriman.
Jadilah kamu penolong-penolong (agama) Allah sebagaimana Isa putra Maryam
telah berkata kepada pengikutnya yang setia. “Siapakah yang akan menjadi
penolong-penolongku (untuk menegakkan agama) Allah ?. Pengikut-pengikutnya
yang setia itu (hawaiyyun) berkata, :Kamilah penolong-penolong (agama)
Allah”., lalu segolongan dari Bani Israil beriman dan segolongan (yang
lain) kafir, lalu Kamu berikan kekuatan kepada orang-orang yang beriman
terhadap musuh-musuh mereka, sehingga mereka menjadi orang-orang yang
menang”.
- Bumi merupakan planet
tempat hidup manusia sebagai khalifah di muka bumi, perlu
mendapatkan sinar ilmu pengetahuan dalam melaksanakan tugas dan kewajiban
makhluk yang ahsani taqwim.Q.S.
Al Baqarah: 30 yang artinya:” Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman
kepada para Malaikat, “Aku akan menjadikan khalifah (pengganti, pemimpin,
atau penguasa) di bumi”. Mereka berkata (matur):” Apakah Engkau akan menjadikan orang yang merusak dan
menumpahkan darah di sana, sedangkan kami bertasbih memuji-Mu?. Dia
berfirman :”Sungguh, Aku lebih mengetahui apa yang kalian tidak
ketahui”.
- Tulisan Arab iqra’, menyiratkan bahwa manusia akan mencapai kemajuan
apabila mereka mau membaca dalam arti luas; akses informasi, berdiskusi,
melakukan kajian , melakukan penelitian, dan menuntut ilmu.
- Gambar buku merupakan bentuk rekaman ilmu pengetahuan dan
informasi sebagai khazanah kekayaan intelektual manusia yang perlu
diwariskan dan dikembangkan terus menerus dari generasi ke generasi untuk
kemaslahatan manusia.
- Tulisan FPPTMA, merupakan wadah Perpustakaan Perguruan Tinggi yang
dikelola oleh Diktilitbang PP Muhammadiyah dan Diktilitbang PP ‘Aisyiyah
yang memiliki keunggulan:
- Logo Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (kecil, di tengah lingkaran kanan kiri) menggambarkan
bahwa dalam gerak langkah FPPTMA harus tetap memperhatikan garis kebijakan
yang ditetapkan Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah.
- Membantu Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan
Pengembangan PP Muhammadiyah dan Majelis Pustaka & Informasi PP
Muhammadiyah dalam pengembangan kepustakawanan Perguruan Tinggi
Muhammadiyah-‘Aisyiyah/PTMA
- Melakukan silaturrahmi antarperpustakaan PTMA dan
membentuk jaringan kerjasama antarperpustakaan PTMA dan perpustakaan lain;
- Berusaha meningkatkan kualitas, kuantitas, dan
kesejahteraan sumber daya manusia
perpustakaan PTMA; antara lain melalui studi lanjut, magang, pendidikan
pelatihan, membantu rekruitmen, dorongan kompetisi, maupun fungsionalisasi
- Membantu peningkatan eksistensi perpustakaan PTMA dalam
menunjang kegiatan pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat, dan
Al Islam dan Kemuhammadiyahan masing-masing PTMA
- Memperkuat dan mengembangkan jaringan kerjasama berbasis
teknologi informasi antarperpustakaan PTMA dan perpustakaan lain dalam dan
luar negeri.
- Membantu pimpinan PTMA dalam meningkatkan eksistensi
perpustakaan PTMA terutama dalam melaksanakan caturdharma PTMA
- Mendorong sumber daya manusia PTMA untuk berkolaborasi
dan mengikuti kompetisi kepustakawanan nasional & internasional
- Mempererat silaturrahim dan saling membantu pengembangan
kepustakawanan PTMA meliputi pengembangan manajemen, sumber daya manusia,
koleksi, dan lainnya
- Merealisir pembentukan jaringan kerjasama
antarperpustakaan PTMA dengan nama
- Mengusulkan kepada Majleis Diktilitbang PP Muhammadiyah
untuk membuat kebijakan langganan
database e-journal secara konsorsium
- Menggerakkan terselenggaranya Muhammadiyah Corner di
masing-masing perpustakaan PTMA
- Mendorong penyelenggaraan liteasi informasi dan
mengenalkan apliksi deteksi plagiasi
- Mendorong perpustakaan PTMA untuk menyelenggarakan
layaman repositori secara terbuka melalui website masing-masing
perpusakaan PTMA
- Mendorong perpustakaan PTMA untuk mengajukan akreditasi
perpustakaan perguruan tinggi ke Perpustakaan Nasional RI dengan biaya
APBN, APBD, atau biaya mandiri
- Meningkatkan
kuantitas dan kualitas jaringan PTMA dengan:
- Membantu
perpustakaan PTMA dalam pengembangan sumber daya manusia antara lain
dengan:
- Membantu
pengembangan kleksi perpustakaan
PTMA dengan cara:
- Menginstruksikan
pada setiap perpustakaan PTMA memiliki Muhammadyah Corner dengan kriteria:
- Menginstruksikan
kepada seluruh perpustakaan PTMA agar melakukan pembinaan pada
perpustakaan amal usaha Muhammadyah di wilayah masing-masing seperti
diklat, bedah buku, sumbangan buku pada perpustakaan sekolah Muhammadiyah
- Menyelenggarakan
Rakernas FPPTMA 2 (dua) tahun sekali dengan tujuan:
- Penguatan koordinasi
dan kinerja Korwil-Korwil
- Mendorong
perpustakaan PTMA yang telah memenuhi standar untuk mengajukan akreditasi
ke PNRI antara lain; Pperpustakaan UM Jakarta, Perpustakaan Uhamka,
Perpustakaan UM Jember, Perpustakaan UM Sidoarjo, Perpustakaan UM Mataram
- Membuat
website sebagai media komunikasi dan pengembangan kreativitas dan inovasi
- Penataan
administrasi dan keuangan; iuran, sertifikasi keanggotaan jaringan. Dll.
- Menjalin
kerjasama dengan Perpustakaan Nasional RI dalam:
- Menyelenggarakan
MUNAS FPPTMA IV dengan agenda
- Penguatan
koordinasi dan pembinaan perpustakaan PTMA
- Mendorong
perpustakaan PTMA yang memiliki kemampuan untuk megajukan akreditasi
- Memperkuat
, memperluas, dan optimalisasi pemanfaatan
jaringan perpustakaan antar berbagai perpustakaan dalam dan luar
negeri.
- Menyelenggarakan
Rapat Koordinasi sekurang-kurangnya setahun 2 (dua) kali
- Melakukan
kerjasama dengan Perpustakaan Nasional dalam:
- Penataan
administrasi & keuangan; iuran, sporsorship, sertifikasi keanggotaan
jaringan library PTM
- Menyelenggarakan
TOT Literasi informasi dan penulisan bagi perpustakaan PTMA,
- Membuat
website FPPTMA sebagai media komunikasi dan pengembangan inovasi dan
kreatifitas SDM PTMA
- Mendorong
dan membimbing akreditasi sekurang-kuangnya 10 perpustakaan PTMA
- Mendorong
adanya saling silatyrrahmi antarperpustaaan PTMA
- Menyelenggarakan
Seminar Nasional dengan tema yang relevan
- Menyelenggarakan
TOT literasi infomasi yang pelaksanaannya dikoordinir oleh masing-masing
Korwil
- Mendorong
setiap perpustakaan PTMA untuk menyelenggarakan pembinaan, diklat
pengelolaan perpustakaan sekolah Muhammadiyah di wilayah masing-masing
yang pelaksanaannya dapat dikoordinasikan dengan perpustakaan PTMA se
tempat.
- Mendorong
setiap perpustakaan PTMA untuk mengelola repositori secara profesional dan
bila memungkinkan repositori dapat diakses bahkan didowload full text oleh public
- Mendorong
dan membimbing langsung/tidak langsung beberapa perpustakaan PTMA untuk
mengajukan akreditasi
- Mendorong
adanya silaturrahmi antarperpustakaan PTMA
- Menyelenggarakan
Munas IV FPPTMA dan seminar Nasional yang panitia dan lokasinya akan
ditentukan kemudian
- Menyelenggarakan
penulisan artikel bagi petugas perpustakaan PTMA yang hasilnya diterbtkan
dan didistribusikan pada saat Munas IV
- Meningkatkan
saling silaturrahmi antarperpustakaan PTMA terutama degan perpustakaan
PTMA dan perpustakaan lain
- Mendorong
dan melakukan pembinaan perpustakaan PTMA yang telah mampu untuk
mengajukan akreditasi
- Meninjau
kembali AD ART FPPTMA
- Menyusun
kepengurusan FPPTMA 2022 – 2027 sesuai kebutuhan dan perkembangan jaman.
KOMPETENSI & SASARAN KINERJA PUSTAKAWAN PTMA
PENDAHULUAN
Pengertian
- Pustakawan
PTMA
Pustakawan PTMA adalah seseorang
yang diangkat sebagai pemangku jabatan fungsional pustakawan oleh pimpinan PTMA
atau BPH PTMA berdasarkan pendidikan ilmu perpustakaan minimal Diploma II dan
ditugaskan untuk melaksanakan tugas-tugas kepustakawanan di perpustakaan
PTMA terkait.
- Pustakawan
Tingkat Trampil
Pustakawan Tingkat Trampil adalah
pustakawan yang diangkat pertama kali berdasarkan ijazah Diploma II ilmu
perpustakaan dengan pangkat Pengatur
Muda Tingkat I, golongan ruang II/b sampai dengan pangkat Penata, golongan
ruang III/d
- Pustakawan
Tingkat Ahli
Pustakawan Tingkat Ahli adalah
pustakawan yang diangkat pertama kali serendah-rendahnya berijazah sarjana
(Strata 1) ilmu perpustakaan dengan pangkat Penata Muda, golongan ruang III/a
sampai dengan Pangkat Pembina Utama , golongan IV/e
- Kompetensi
Kompetensi adalah kemampuan seseorang
yang mencakup pengetahuan. ketrampilan, dan sikap kerja yang digunakan
untuk menyelesaikan tugas-tugas kepustakawanan
- Standar
Kompetensi
Standar kompetensi adalah rumusan
tentang kemampuan yang harus dimiliki
oleh pustakawan untuk melakukan tugas-tugas kepustakawanan yang didasarkan pada
pengetahuan, keahlian, dan sikap kerja kepustakawanan. Standar kompetensi ini
didasarkan pada Standar Kinerja Kompetensi Nasional Indonesia/SKKNI
- SKKNI
SKKNI adalah rumusan kemampuan
kerja yang mencakup aspek pengetahuan (knowledge),
keahlian (skill), dan sikap kerja (attitude) yang relevan dengan pelaksanaan tugas dan
syarat jabatan yang ditetapkan.
- Sasaran
Kinerja
Sasaran kerja adalah rencana dan
target yang harus dicapai pustakawan PTMA dalam kurun waktu penilaian yang
dapat dibuktikan atau dapat diukur oleh atasannya.
- Target
kerja
Target kerja adalah
rencana capaian kegiatan kerja kepustakawanan yang akan
diwujudkan secara jelas sebagai
ukuran prestasi kerja. Target kerja ini meliputi
kualitas, kuantitas, biaya, dan
waktu
- Jabatan
Fungsional Pustakawan
Jabatan fungsional pustakawan adalah kedudukan yang menunjukkan
tugas, tanggung jawab, wewenang, dan hak seorang pegawai dalam suatu unit
perpustakaan yang dalam pelaksanaan tugasnya berdasarkan ilmu pengetahuan dan
ketrampilan tertentu bersifat mandiri, memiliki tanggung jawab dan untuk
kenaikan jabatan/pangkat disyaratkan dengan prestasi tertentu
- Pangkat
Pangkat adalah kedudukan yang
menunjukkan tingkat seorang pegawai berdasarkan jabatannya dalam rangkaian
susunan kepegawaian dan digunakan sebagai dasar penggajian.
KOMPETENSI
1.Kompetensi
Umum
Kompetensi umum meiputi:
a.
Mengoperasikan Komputer Tingkat Dasar
b.
Menyusun Rencana Kerja Perpustakaan
c.
Membuat Laporan Kerja Perpustakaan
2.Kompetensi
Inti
Kompetensi Inti meliputi:
a.
Melakukan Seleksi Bahan Perpustakaan
b.
Melakukan Pengadaan Bahan Perpustakaan
c.
Melakukan Pengatalogan Deskriptif
d.
Melakukan Pengatalogan Subjek
e.
Melakukan Perawatan Bahan Perpustakaan
f.
Melakukan Layanan Sirkulasi
g.
Melakukan Layanan Referensi
h.
Melakukan Penelusuran Informasi Sederhana
i.
Melakukan Promosi Perpustakaan
j.
Melakukan Kegiatan Literasi Informasi
k.
Memanfaatkan Jaringan Internet Layanan Perpustakaan
3.Kompetensi
Kusus
Kompetensi Khusus meliputi:
a.
Merancang Tata Ruang dan Perabot Perpustakaan
b.
Melakukan Perbaikan Bahan Perpustakaan
c.
Membuat Literatur Sekunder
d.
Melakukan Penelusuran Informasi Kompleks
e.
Membuat Karya Tulis Ilmiah
SASARAN KINERJA
- Pustakawan
Tingkat Trampil
a.
Melakukan pengolahan bahan pustaka meliputi; penandaan, pencatatan,
pengkatalogan, klasifikasi, dan pelabelan
b.
Melakukan penjajaran (shelving)
bahan pustaka
c.
Melakukan perawatan dan pemeliharaan koleksi; penjilidan, scanning, foto kopi, mereproduksi,
penyampulan , dan fumigasi
d.
Melakukan layanan peminjaman, pengembalian, keanggotaan, pemberian
keterangan bebas pustaka, dan administrasi perpustakaan
e.
Melakukan layanan referensi
f.
Membantu layanan literasi informasi, user
education, penelusuran informasi
g.
Membantu pencacahan dan penyiangan
h.
Melakukan promosi dan/atau pameran perpustakaan
i.
Aktif dalam Persyarikatan Muhammadiyah/’Aisyiyah
j.
Aktif sebagai anggota organisasi kepustakawanan
- Pustakawan Tingkat Ahli
a.
Melakukan perencanaan pengembangan perpustakaan; koleksi, SDM, sarana
prasarana, anggaran, sistem, dan layanan
b.
Melakukan kajian kepustakawanan; bedah buku, resensi buku
c.
Melakukan kegiatan literasi informasi
d.
Melakukan pencacahan dan penyiangan koleksi
e.
Melakukan penelitian
f.
Melakukan penulisan artikel, buku, laporan penelitian,
g.
Menjadi narasumber dalam pertemuan ilmiah
h.
Menjadi konsultan penulisan karya akademi & karya ilmiah
i.
Melakukan pengecekan plagiarism
j.
Membuat reference guide
k.
Mendowload e-book dan e-journal
l.
Melakukan publikasi melalui media cetak maupun daring
m.
Membangun jejaring perpustakaan tingkat lokal, nasional, dan
internasional
n.
Memberikan konsultasi
o.
Aktif dalam Persyarikatan Muhammadiyah/’Aisyiyah
p.
Aktif sebagai anggota kepengurusan organisasi kepustakawanan
Yogyakarta, 10 Oktober 2020
Forum
Perpustakaan Perguruan Tinggi
Muhammadiyah-‘Aisyiyah
Ketua Sekretaris
Drs. Lasa Hs, M.Si Arda Putri Winata, S.IP.,
MA
PEDOMAN MUTU PERPUSTAKAN PERGURUAN
TINGGI MUHAMMADYAH-‘AISYIAH
HASIL
KESEPAKATAN RAPAT KOORDINASI FPPTMA di
BANDAR LAMPUNG 6 FEBRUARI 2020
Pendahuluan
Perpustakaan Perguruan Tinggi
Muhammadiyah-‘Aisyiyah/PTMA diharapkan berkembang mengikuti perkembangan lembaga induknya dalam usaha memajukan bangsa
melalui pendidikan. Pendidikan merupakan salah satu cara mencerdasksn dan mencerahkan kehidupan bangsa.
Perpustakaan PTMA berperan sebagai supporting unit kegiatan catur dharma
PTMA meliputi pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat, dan Al Islam
dan Kemuhammadiyahan di perguruan tingginya. Peran yang melekat inilah yang
memengaruhi pelaksanaan catur dharma tersebut.
Perkembangan perpustakaan PTMA
sangat variatif. Beberapa perpustakaan PTMA telah memenuhi standar nasional,
dan beberapa lagi memerlukan pembinaan agar maju bersama. Perkembangan yang
variatif ini dipengaruhi oleh dukungan lembaga induk, manajemen yang profesional,
sumber daya manusia yang kompeten, aplikasi teknologi informasi, dan anggaran.
Agar perkembangan perpustakaan PTMA
menuju arah yang jelas dan memenuhi standar nasional, maka disusunlah Pedoman
Mutu Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah-‘Aisyiyah ini.
I. Pengertian
istilah
1. Manajemen
perpustakaan
Manajemen perpustakaan adalah
optimalisasi pemberdayaan sumber daya manusia perpustakaan dan sumber daya lain, untuk mencapai tujuan secara efektif
efisien melalui kegiatan perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan,
penganggaran, dan pengawasan.
2.
Perpustakaan PTMA
Perpustakaan PTMA adalah
perpustakaan yang diselenggarakan di suatu perguruan tinggi (universitas,
institut, sekolah tinggi, akademi, politeknik, vokasi) Muhammadiyah ‘Aisyiyah
berdasarkan keputusan Badan Pembina Harian PTMA terkait.
3. Perencanaan
Perencanaan adalah penentuan langkah
awal untuk mencapai tujuan yang dituangkan dalam kegiatan-kegiatan yang akan
dilaksanakan mencakup nama kegiatan (what),
waktu pelaksanaan (when), tempat
kegiatan (where), bagaimana
pelaksanaannya (why), siapa yang melaksanakan
(who), dan berapa anggaran (how much)
4. Pengorganisasian
Pengorganisasian adalah keseluruhan
proses pengelompokan orang-orang, alat-alat, tugas-tugas, wewenang, dan
tanggung jawab sehingga tercipta suatu organisasi yang dapat digerakkan sebagai
satu kesatuan utuh untuk mencapai tujuan.
5. Kepemimpinan
Kepemimpinan adalah kemampuan untuk
memengaruhi pihak lain untuk mencapai tujuan tertentu. Efektivitas kepemimpinan
dapat diketahui dengan indikator: 1) memimpin dengan visi yang jelas; 2)
memimpin dengan keteladanan; 3) menjadi komunikator yang baik; 4) mampu
memenangkan kepercayaan bawahan; 5) tenang dalam menghadapi situasi yang sulit;
6) mampu tampil dalam citra profesional.
6. Penganggaran
Penganggaran adalah rencana
pembuatan penerimaan dan pengeluaran yang dinyatakan dalam bentuk uang.
Penganggaran berfungsi sebagai alat perencanaan, koordinasi, alat pengendalian,
dan menetapkan standar kegiatan yang akan dilaksanakan.
7. Pengawasan
Pengawasan adalah kegiatan yang
mengatur tingkat efektivitas personel dan efisiensi penggunaan metode dan alat
tertentu untuk mencapai tujuan. Pengawasan dapat dilakukan pada perencanaan,
pengorganisasian, kepemimpinan, dan penganggaran
8. Visi
Visi adalah penetapan tujuan jangka
panjang (20 – 25 tahun) yang bersifat abstrak, mudah dipahami, terbayangkan,
memiliki keunggulan, dan bersifat kompetitif
9. Misi
Misi merupakan penjabaran visi
dengan rumusan-rumusan kegiatan yang hasilnya nanti dapat diukur, dilihat,
dirasakan, dan dibuktikan.
10. Sumber
daya manusia
Seluruh tenaga yang ditugaskan berdasarkan surat keputusan
pimpinan PTMA untuk melaksanakan tugas-tugas kepustakawanan di PTMA terkait
11. Layanan
Sirkulasi
Layanan sirkulasi adalah layanan
perpustakaan yang berupa peminjaman dan pengembalian bahan pustaka dan hal-hal
terkait, baik yang dibaca di tempat maupun pinjam untuk dibawa pulang
12. Layanan
referensi
Layanan referensi adalah layanan
bimbingan pemanfaatan sumber referensi kepada pemustaka secara manual maupun
digital agar mereka mampu menelusur
secara mandiri akan informasi yang diperlukan
13. Layanan
teknis
Layanan teknis adalah segala
kegiatan dan proses dalam suatu perpustakaan yang berkaitan dengan pengadaan,
pengorganisasian, dan pemrosesan bahan pustaka agar dapat didayagunakan oleh
pemustaka.
14. Koleksi
Muhammadiyah Corner
Koleksi Muhammadiyah Corner adalah
semua bentuk rekaman, naskah, tulisan, cetakan yang berisi pemikiran
tokoh-tokoh Muhammadiyah, tulisan orang lain tentang Muhammadiyah, seluruh
terbitan amal usaha Muhammadiyah yang disimpan, diolah, dan dimanfaatkan secara
optimal.
15. Koleksi
digital
Koleksi digital adalah jenis koleksi
perpustakaan yang merupakan alih media dari bentuk cetak ke bentuk digital.
16. Struktur
organisasi
Strukur oganisasi adalah kerangka
hubungan antarsatuan-satuan organisasi/lembaga yang didalamnya terdapat
pejabat, tugas, kewajiban, wewenang, dan hak masing-masing sesuai perannya
dalam satu kesatuan yang utuh.
17. Akreditasi
Akreditasi adalah rangkaian kegiatan
pengakuan formal oleh lembaga/badan akreditasi yang menyatakan bahwa suatu
lembaga telah memenuhi persyaratan untuk dilakukan penilaian kinerja lembaga
itu.
18. Sertifikasi
Sertifikasi adalah rangkaian
kegiatan untuk menerbitkan sertifikat terhadap kompetensi seseorang atau
kualifikasi produk atau jasa, atau proses kegiatan lembaga yang telah sesuai dan/atau
memenuhi standar yang dipersyaratkan.
II. Manajemen
perpustakaan
1.
Memiliki
SK pendirian perpustakaan PTMA yang diterbitkan oleh Badan Pembina Harian PTMA terkait;
2.
Struktur
organisasi perpustakaan sekurang-kurangnya terdiri dari Kepala Perpustakaan, Bidang
Layanan Teknis (Pengadaan, pengolahan) , Bidang Layanan Pemustaka, Layanan TIK,
Kelompok Jabatan Fungsional (FGD pustakawan), Sekretariat/Tata Usaha, dan
memiliki deskripsi tugas
3.
Kepala
Perpustakaan bertanggung jawab langsung kepada pimpinan PTMA (rektor, ketua,
direktur)
4.
Memiliki
visi, misi, tujuan, dan target capaian yang mengacu visi, dan misi lembaga induknya
lalu dituangkan dalam kebijakan tertulis serta disosialisasikan
5.
Memiliki
program kerja jangka panjang (20 – 25 tahun), jangka menengah (5 tahun), dan
jangka pendek (tahunan)
6.
Memiliki
laporan kegiatan perpustakaan bulanan, triwulan, semesteran, dan tahunan
7.
Menyelenggarakan
survei kepuasan pemustaka dalam layanan tertentu; peminjaman, pengembalian,
kunjungan, literasi informasi, internet, layanan khusus, layanan Muhammadiyah
Corner
8.
Memiliki
kebijakan tertulis dalam pengembangan koleksi, pengolahan, pelayanan, promosi,
anggaran, pengembangan SDM, organisasi, dan sarana prasarana
III. Sumber
Daya Manusia
1. Kepala perpustakaan PTMA sekurang-kurangnya
berpendidikan S2 ilmu perpustakaan atau S2 bidang lain dan memiliki komitmen
pada perpustakaan, informasi, dan dokumentasi.
2. Kepala perpustakaan PTMA harus
mengikuti peningkatan kompetensi berkelanjutan; diklat, magang, seminar,
lokakarya dalam bidang perpustakaan sekurang-kurangnya 10 kali dalam 3 tahun
terakhir
3. Memiliki 6 orang pustakawan
tetap atau rasio 1 pustakawan untuk
1.000 mahasiswa
4. Memiliki 3 orang tenaga teknis (administrasi, teknologi
informasi, pelaksana 3 orang atau dengan rasio 1 orang tenaga teknis untuk 500
mahasiswa
5.
Sumber
daya manusia perpustakaan PTMA:
a. Beragama Islam dan melaksanakan
syari’at Islam sebagaimana dipahami
persyarikatan Muhammadiyah
b.
Mampu
membaca Al Quran secara benar, baik, dan berusaha memahaminya
c.
Aktif
dalam persyarikatan Muhammadiyah (Pusat, Wilayah, Daerah,Cabang, maupun Ranting)
d.
Tidak
duduk dalam kepengurusan partai politik
e.
Berakhlakul
karimah
6.
Aktif
mengikuti peningkatan kompetensi berkelanjutan (seminar, bedah buku, call for
paper, lokakarya, diklat, magang, dan
lainnya)
7.
Menjadi
anggota organisasi profesi (Pengurus FPPTMA, FPPTI, MPI, IPI, )
8.
Prestasi
pustakawan dan/atau perpustakaan sebanyak 5 kali dalam 3 tahun terakhir
9. Kegiatan perpustakaan melibatkan
fakultas/prodi, mahasiswa, dosen sebanyak 4 kali /tahun
10. Sumber daya manusia perpustakaan
PTMA harus ditingkatkan terus menerus melalui studi lanjut, magang, diklat,
peserta pertemuan ilmiah,, bedah buku dan lainnya
11. Pustakawan PTMA diharapkan mengikuti
dan lulus sertifikasi yang diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi
Profesi/Perpustakaan Nasional RI
12. Perlu diberikan penghargaan kepada
pustakawan yang berprestasi sesuai kemampuan masing-masing PTMA seperti
kejuaraan kepustakawanan, terpilih sebagai pustakawan berprestasi, call for
paper daerah, nasional, maupun internasional
13. Untuk meningkatkan kualitas dan
kinerjapustakawan PTMA , sesuai kemampuan masing-masing PTMA hendaknya
memfungsionalkan pustakawannya sesuai peraturan dan perundangan yang berlaku.
IV. Pengembagangan
dan Pengolahan Koleksi
1. Pengembangan
koleksi
1.1 Memiliki kebijakan tertulis tentang
pengembangan koleksi dan ditinjau kembali setiap tiga tahun sekali
1.2 Kebijakan pengembangan koleksi
tertulis itu sekurang-kurangnya terdiri dari jenis koleksi, jumlah koleksi,
bentuk koleksi, subjek koleksi, kemutakhiran, distribusi, dan anggaran.
1.3 Koleksi perpustakaan PTMA terdiri
dari koleksi cetak maupun digital meliputi karya ilmiah, karya akademik,
jurnal, buku teks, koleksi referensi, repositori, dan koleksi Al Islam dan
Kemuhammadiyahan (Muhammadiyah Corner)
1.4 Melakukan survei kebutuhan koleksi
yang dilakukan setiap awal semester
1.5 Dalam pengadaan koleksi dapat
dipertimbangan dari usulan pemustaka, usulan dosen, usulan prodi/fakultas
1.6 Dalam pengadaan koleksi perlu
digunakan alat seleksi bahan perpustakaan seperti; masukan pemustaka, resensi
buku, bibliografi, bibliografi beranotasi, katalog penerbit /publisher catalog,
website, maupun toko buku
1.7 Memiliki 15.000 judul buku teks
(universitas), 10.000 judul buku teks (institut/sekolah tinggi), dan 5.000
judul buku teks (akademik/politeknik)
1.8 Memiliki 600 judul koleksi referens
(universitas), 400 judul koleksi referens(institut/sekolah tinggi) 300 judul
koleksi referens (vokasi, akademi, diploma,politeknik )
1.9 Koleksi referens terdiri dari kamus,
ensiklopedi, sumber biografi, sumber geografi, terbitan pemerintah, tebitan
internasional, abstrak, indeks, standar,
bibliografi, handbook, manual, yearbook
1.9.1.
Berlangganan
surat kabar 6 judul (universitas), 4 judul (institute/sekolah tinggi), 2
(akademi/vokasi/politeknik) terutama surat kabar bernafaskan Islam
1.9.2.
Berlangganan
majalah 6 judul (universitas), 4 judul (institut/sekolah tinggi), 2
(akademi/vokasi/politeknik)
1.9.3.
Berlangganan jurnal ilmiah terakreditasi
Kemenristekdikti 4 judul/prodi
(universitas, institut, sekolah tinggi, vokasi/politeknik/akademi)
1.9.4.
Berlangganan
jurnal internasional/jurnal elektronik 4
judul/prodi (universitas, institut, sekolah tinggi, vokasi, politeknik, akademi
1.9.5.
Memiliki
koleksi repositori (skripsi, tesis, disertasi, tugas akhir) 4.000 judul
(universitas), 3.000 judul (institut/sekolah tinggi), 2.000 judul
(akademi/vokasi/politeknik)
1.9.6.
Penambahan
koleksi 4 %/tahun dari total koleksi
1.9.7.
Memiliki
e-book 2.000 judul (universitas), 1.500 judul (institut/sekolah tinggi) 1.000
judul (politeknik/vokasi/akademi)
2. Pengolahan
dan pemeliharaan koleksi
2.1
Dalam
pengolahan buku teks meliputi inventarisasi, klasifikasi, katalogisasi,
pelabelan, penyampulan dan memiliki cadangan data tercetak
2.2
Pengolahan
monograf mengikuti ketentuan baku/standar internasional
2.3
Memiliki
sistem otomasi perpustakaan dan terkoneksi internet
2.4
Melakukan
pencacahan (stock opname) setahun sekali
2.5
Melakukan
penyiangan (weeding) 3 tahun sekali
2.6
Melakukan
pembasmian serangga/fumigasi setahun sekali
2.7
Melakukan
penjilidan 1.500 eks/tahun
V. Pelayanan
A. Jenis layanan layanan baca di tempat, sirkulasi,
referens, penelusuran, literasi
informasi, silang layan, penyediaan
dokumen
B.
Peningkatan layanan survey kepuasan pemustaka,
diversifikasi
layanan,pelibatan
mahasiswa
dalam layanan
C. Jam
dan sarana akses
1. Jam buka 50
jam/minggu
2. Sistem sirkulasi otomasi
3. Penelusuran ke koleksi OPAC dan katalog
manual
4. Penelusuran ke sumber informasi online
5. Sistem otomasi layanan bergabung dengan
jejaring
Perpustakaan
oline
6. Website berisi profil perpustakaa, OPAC,
Informasi
layanan, kontak
perpustakaan,
dan media sosial
7. 90 % mahasiswa menjadi anggota
perpustakaan
8. 90 % dosen dan tenaga
kependidikan menjadi anggota perpustakaan
9. Rata-rata pengunjung secara
fisik 6.000 orang per bulan dalam satu tahun
10. Rata-rata pengunjung online
sebanyak 6.000 orang per bulan dalam satu
tahun
11. Rata-rata buku dipinjam
sebanyak 6.000 judul per bulan dalam satu tahun
12. Melakukan promosi melalui
papan pengumuman, website, brosur, banner,
spanduk, brosur, leaflet,
media sosial
13.
Jenis kegiatan promosi yang dilakukan dengan penyebaran informasi,
penyuluhan, bimbingan
pemustaka, penyiaran dll.
14.
Menyelenggarakan bimbingan literasi informasi 8 kali/tahun
VI. Sarana
Prasarana
A. UNIVERSITAS
1.
Gedung
1.1. Luas gedung/ruang 1.500
m2
1.2. Luas area koleksi 600 m2
1.3. Luas area pemustaka 400 m2
1.4. Luas area staf 150 m2
1.5.Luas area lain 75 m2
1.6.Ketersediaan ruang ruang koleksi,
ruang baca,ruang kerja,ruang multimeda, ruang diskusi, ruang Muhammadiyah
Corner, ruang mushola, ruang sidang, kantin
2.
Kondisi
2.1. Kebersihan seluruh
ruangan sangat bersih
dan
dikelola secara baik
2.2. Pencahayaan pencahayaan
dengan cahaya
alami
dan cahaya buatan
2.3. Sirkulasi udara sirkulasi
udara semua ruangan
baik
2.4.Lokasi letak
perpustakaan strategis
dan
mudah diakses
3.Perabotan
3.1 Rak buku 75
buah
3.2 Rak jurnal 8 buah
3.3 Rak surat kabar 4 buah
3.4 Rak multimedia 4 buah
3.5 Rak koleksi referens 5 buah
3.6 Rak dislplay buku baru 4 buah
3.7 Rak audio visual 4 buah
3.8 Sarana penyimpan katalog komputer
3.9 Papan pengumuman 4 buah
3.91 Meja baca 40 buah
3.92 Meja sirkulasi 1 buah
3.93 Meja kerja petugas 10 buah
3.94 Kursi baca 100
buah
3.95 Televisi 5 buah
3.96 VCD dan DCD player 10 buah
3.96 Scanner 7 buah
3.97 Sarana
pengamanan loker,CCTV,pintu
detektor
4.Perlengkapan Berbasis TIK
4.1 Komputer untuk kegiatan
dan
administrasi 10
buah
4.2 Kompter untuk pemustaka 30
unit
4.3 Komputer terhubung internet 30 unit
4.4 Kapastas bandwidth 500
MB
B. INSTITUT/SEKOLAH TINGGI
1.Gedung
1.1.Luas gedung/ruang 1.000
m2
1.2.Luas area koleksi
300 m2
1.3.Luas area pemustaka 200
m2
1.4.Luas area staf 100
m2
1.5.Luas area lain 50 m2
1.6.Ketersediaan ruang ruang
koleksi, ruang baca,
ruang
kerja, ruang multi media,
ruang
diskusi, ruang Muhammadiyah
Corner,
ruang mushola, ruang sidang
kantin
2.Kondisi
2.1 Kebersihan seluruh
ruangan sangat bersih
dan
dikelola secara baik
2.2 Pencahayaan pencahayaan
dengan cahaya alami
dan
sinar buatan
2.3.Sirkulasi udara sirkulasi
udara semua ruangan
baik
2.4.Lokasi letak
perpustakaan strategis
dan
mudah diakses
3.Perabotan
3.1. Rak buku 50
buah
3.2. Rak jurnal 4 buah
3.3. Rak surat kabar 2 buah
3.4. Rak multimedia 2 buah
3.5. Rak koleksi referens 3 buah
3.6. Rak dislpai buku baru 2 buah
3.7. Rak audio visual 2 buah
3.8. Sarana penyimpan katalog komputer
3.9. Papan pengumuman 2 buah
3.9.1.Meja baca 25
buah
3.9.2.Meja sirkulasi 1 buah
3.9.3.Meja kerja petugas 5 buah
3.9.4. Kursi baca 50
buah
3.9.5.Televisi 3 buah
3.9.6. Scanner
5 buah
4.Perlengkapan
berbasis TIK
4.1 Komputer untuk pengolahan dan
administrasi 5 buah
4.2 Komputer untuk pemustaka 15
buah
4.3 Komputer terhubung internet 15 buah
4.4 Kapasitas bandwidth 250
MB
C. AKADEMI/Vokasi
1.Gedung
1.1.Luas gedung/ruang 600
m2
1.2.Luas area koleksi 200
m2
1.3.Luas area pemustaka 150
m2
1.4.Luas area staf 150
m2
1.5.Luas area lain 100
m2
1.6.Ketersediaan ruang ruang-ruang;
koleksi,baca, sirkulasi,
Muhammadiyah
Corner, mushola,
sidang,
kantin
2.Kondisi seluruh
ruangan sangat bersih
dan
dikelola secara baik
2.1.Kebersihan seluruh
ruangan sangat bersih dan
dikelola
secara baik
2.2.Pencahayaan pencahayaan
dengan cahaya alami
dan
cahaya buatan
2.3.Sirkulasi udara sirkulasi
udara semua ruangan baik
2.4.Lokasi letak
perpustakaan strategis
dan
mudah diakses
3.Perabotan
3.1 Rak buku 25
buah
3.2 Rak jurnal 4 buah
3.3 Rak surat kabar 2 buah
3.4 Rak multimedia 2 buah
3.5 Rak koleksi referens 3 buah
3.6 Rak display buku baru 2 buah
3.7 Rak audio viaual 2 buah
3.8 Sarana penyimpan katalog komputer
3.9 Papan pengumuman 2 buah
3.9.1 Meja baca 20
buah
3.9.2Meja sirkulasi 1 buah
3.9.3Meja kerja petugas 5 buah
3.9.4 Kursi baca 50
buah
3.9.5Televisi 2 buah
3.9.6 VCD dan DCD player 5 buah
3.9.7 Scnner 3 buah
3.9.8 Sarana pengamanan loker,
CCTV, pintu detector
4.Perlengkapan berbasis TIK
4.1 Komputer untuk pengolahan dan
administrasi 5 buah
4.2 Komputer untuk pemustaka 15
unit
4.3 Komputer terhubung internet 15 unit
4.4 Kapasitas bandwidth 150
MB
VII.Anggaran
1. Anggaran perpustakaan per tahun 3
milyar/tahun (universitas), 2 milyar
(sekolah tinggi/institut), 1 milyar (akademi, vokasi, politeknik) atau;
2. Total anggaran 5 % dari total
anggaran PTMA terkait
3. Dana partisipasi masyarakat, alumni
(wisudawan), perusahaan, perpustakaan lain senilai 150 juta rupiah per tahun
VIII.Kerjasama
1. Kerjasama internal minimal 8 kali
kegiatan dalam 3 tahun terakhir
2. Kerjasama eksternal minimal 8 kali
dalam waktu 3 tahun terakhir.
3. Setiap perpustakaan PTMA harus
menjadi anggota aktif Forum Perpustakan
Perguruan Tinggi Muhammadyah- Aisyiyah/PTMA
4. Setiap perpusakaan PTMA harus
memiliki website aktif dan tidak menginduk pada website lembaga induk
5. Setiap perpustakaan PTMA harus
mengelola repositori secara profesional
Lampung, 6 Februari 2020
Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi
Muhammadiyah-‘Aisyiyah
Ketua, Sekretaris,
Lasa
Hs Arda Putri
Winata
0 Komentar